Jumat, 07 Agustus 2015

Yuk Bersepeda....








Tahun 2015 ini menjadi tahun pertama, aku kembali menggunakan sepeda. Kalau dulu, aku bersepeda untuk moda transportasi ke sekolah. Kini, sepeda yang kugunakan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Tepatnya Olahraga. Dan bersepeda menjadi olahragaku kedua setelah lari yang sudah aku lakukan dua tahun terakhir. Sejumlah event telah kulewati. (Baca: Lari Membawa Nikmat)

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi dan olahraga. Bersepeda juga bisa menjadi salah satu moda transportasi darat.  Banyak pesepeda yang melakukan kegiatan di berbagai macam medan. Bisa di bukit-bukit, medan yang terjal, maupun di medan datar untuk sekedar berlomba kecepatan.
Para olahragawan bersepeda profesional, namanya balap sepeda. Sementara orang yang mempergunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin dapat disebut komuter. 
Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi rutin, tidak hanya dilakukan pekerja di sektor non-formal, tetapi juga pekerja di sektor formal. Para pekerja di sektor formal yang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi, kerap menyebut dirinya komunitas Bike To Work Indonesia (B2W Indonesia).
Selain para pekerja, sepeda juga banyak digunakan oleh anak sekolah. Selain karena menggunakan sepeda tidak membutuhkan biaya tambahan. Bersepeda juga dapat dilakukan di jalan yang kurang bagus sekalipun. Bersepeda bagi anak sekolah juga dapat mengurangi bahaya kecelakaan dalam berkendara.

|| eduardus karel dewanto ||

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar